Premi asuransi terbagi dalam 4 pos:

– biaya asuransi

– biaya akuisisi

– biaya administrasi

– investasi

Biaya akuisisi yg cukup besar akan dikenakan pada 3-5 tahun pertama, tergantung dari jenis asuransi & perusahaannya, totalnya kurang lebih sama walaupun berbeda lamanya.

Biaya asuransi naik terus sesuai kenaikan umur. Biaya administrasi bisa berubah tapi tidak signifikan.

Sementara itu investasinya fluktuatif, sama seperti investasi apapun, bisa naik bisa turun, bisa minus parah atau melambung tinggi. Pos inilah yg paling sulit dikontrol.

Fungsi investasi dalam polis asuransi unitlink adalah sebagai dana cadangan apabila kita sedang kesulitan keuangan, atau bahkan suatu hari nanti sama sekali tidak produktif lagi.

Investasi dalam jangka panjang, dalam bentuk apapun, akan mengalami kenaikan yg signifikan. Misal kita beli emas 5 tahun lalu, saat ini pasti sudah jauh lebih tinggi harganya.

Begitupun unit link dalam polis asuransi. Dana cadangan ini akan sangat menolong di saat kita kesulitan bayar premi. Biaya asuransi & biaya administrasi akan diambil dari cadangan investasi kita, sehingga kita bisa cuti premi tetapi polis kita tetap aktif & berfungsi pada saat diperlukan.

Oleh karena itu wahai saudara saudaraku tercinta, jangan sesekali iseng mengambil uang kita hanya untuk ‘sekedar menikmati’. Asuransi adalah proteksi, ia menjadi dana likuid di saat terjadi resiko yg dijamin oleh asuransi.

Jika kita iseng withdrawal dana kita pada saat kita baik baik saja, maka cadangan dana investasi akan berkurang. Bahayanya adalah pada saat terjadi krisis keuangan & kesulitan bayar premi, dana cadangan ini bisa tidak mencukupi untuk dipakai membayar biaya asuransi & biaya administrasi.

Polis bisa saja lapse atau tidak aktif. Akhirnya tujuan kita untuk memiliki proteksi menjadi sia sia.

Sejak awal, jangan pernah memperlakukan polis asuransi sebagai tabungan atau dana senang senang. Investasi dalam asuransi adalah cadangan dana darurat untuk membayar biaya asuransi di saat kita ga mampu bayar premi.

Asuransi bukan tabungan.

Tabungan bukan asuransi.

Jangan menuntut asuransi seperti bank.

Jangan menuntut bank seperti asuransi.

Keduanya bukan saudara kandung. Beda bapak beda ibu. Mereka bisa saja pacaran. Tapi suka putus & ganti pasangan.

Sudah paham? Kalau belum paham, segera hubungi agen asuransi yg kita percaya, biar kita tetap bahagia 😀💙

Kontributor : nienfitriwirantie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *